Ada apa disisi belakang bulan?

PENDAHULUAN
Tahukah kamu bahwa setaip kali kamu melihat bulan , yang kamu lihat justru selalu menghadap bumi. oleh karena itu, banyak orang yang bertanya ada apa di sisi belakang bulan?
SISI GELAP BULAN
Istilah 'sisi gelap' sebenarnya bukan merujuk pada sisi belakang bulan karena sisi belakang bulan juga disinari oleh matahari, hanya saja ini terjadi pada saat fase bulan mati / tidak terlihat sama sekali. oleh karena itu, sisi gelap adalah sisi yang belum terjelajahi dan diteliti oleh manusia
Sampai tahun 1959, tidak yang tahu bagaimana keadaan sisi belakang bulan. barulah satelit probe Luna 3 mencitrakan sisi belakang bulan pada sesi fotografi 7 Oktober 1959, 3 hari setelah peluncurannya di Kosmodrom Baikonur (Kosmodrom adalah istilah Rusia untuk lapangan peluncuruan roket) pada tanggal 4 Oktober 1959 dengan roket Vostok, setahun setelah peluncuran Satelit pertama di dunia Sptunik 1.

Dalam sesi fotografi tersebut, citra sisi gelap bulan mungkin didapat oleh Uni Sovyet setelah Luna 3 telah dijadwalkan untuk mencitrakan sisi belakang bulan yang kedua kalinya, namun tidak transmisi selanjutnya pada Luna 3 sehingga Luna 3 diperkirakan telah mati. untungnya, fotografi Luna 3 menggunakan 2 lensa yang masing-masing memiliki panjang fokal 500mm dan 200mm dan film standar 35mm. ini membantu para ilmuwan untuk menafsirkan transmisi foto.


Foto pertama sisi belakang bulan oleh Luna 3. Kredit : NASA NSSDC
Foto kedua sisi gelap bulan oleh Luna 3. Kredit : NASA NSSDC
Foto jernih sisi gelap bulan oleh Luna 3. Kredit : NASA NSSDC
Kemudian, Apollo 16 yang diluncurkan pada tanggal 16 April 1972 dan sampai ke bulan pada tanggal 20 April 1972 juga memotret sisi gelap bulan, hingga akhirnya sisi ini terkuak oleh LRO milik NASA.
citra sisi gelap bulan oleh Apollo 16 dengan lensa Panjang Fokal 3 inch. Kredit : Lunar and Planetary Institute
Citra sisi gelap bulan lengkap. Kredit :LROC
setelah sisi gelap terkuak, muncullah pertanyaan mengapa ada asimetris (ketidaksamaan) antara sisi belakang bulan dengan sisi depan bulan? dan mengapa kerak sisi belakang bulan lebih tebal ? tentu saja jawabannya masih diperdebatkan.
SUMBER
Zaryahttp://solarviews.com ; buku 'Ensiklopedi Fisika' cetakan pertama (2007) ; Lunar and Planetary Institute ; LROC ; NASA Apollo 16 ;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat mata Jupiter lebih dekat